Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi Hadiri Musrembang Tingkat Kabupaten Tanggamus

By Lintas Merah 10 Mar 2020, 17:33:28 WIB Advetorial
Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi Hadiri Musrembang Tingkat Kabupaten Tanggamus

Keterangan Gambar : Ir. Hi. Arinal Djunaidi Gubernur Provinsi Lampung hadiri musrembang Kabupaten Tanggamus, Selasa (10/03).


Tanggamus, ,LM- Pemkab Tanggamus gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Tanggamus tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD 2021 yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 10 - 12 Maret tahun 2020, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa(10/3/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ir. Hi. Arinal Djunaidi Gubernur Provinsi Lampung,
Hj.Dewi Handajani SE.MM Bupati Tanggamus, Letkol Inf Arman Aris Sallo  Dandim 0424/Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto SIK  KapolresTanggamus,
Heri Agus Setiawan S.Sos Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Hi.A.M.Syafii.S.Ag Wakil Bupati Tanggamus,
 David Palapa Duarsa SH, MH Kajari Kab.Tanggamus, Hi. Faturahman SH Plh. Sekda Kab. Tanggamus, Asisten, Drs Firman Rani Staf Ahli Bupati Tanggamus,
Asrori ( Ketua Pengadilan Agama Tanggamus, Para kepala OPD Camat se Kabupaten Tanggamus peserta/tamu undangan.

Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan, Tujuan Musrenbang adalah untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Musrenbang pekon, Musrenbang Kecamatan dan konsultasi publik. Lalu merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran (KUA) tahun 2021 yang  bersinergi dengan KUA dan Prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional, "kata Hendra.

Dilanjutkan Hendra,  sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat. 

"Adapun mekanisme yang dipergunakan dalam Musrenbang setelah pembukaan akan dilaksanakan sidang pleno dengan mendengarkan sejumlah pemaparan dari Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Ketua DPRD Tanggamus, Kepala BPKD, Kepala Diskes, Disdik dan Dinas Pangan Pertanian lalu dihari kedua dan ketiga dilaksanakan deks pembahasan prioritas pembangunan tahun 2021,"jelasnya.

Dalam sambutannya Heri Agus Setiawan S.Sos Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus menyampaikan pokok- pokok pikiran DPRD Kabupaten Tanggamus dalam Bidang pendidikan, Fasilitas pendidikan dan tenaga pengajar serta kesejahteraan tenaga pendidik.

"Bidang kesehatan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, Infrastruktur, Pembangunan jalan dan jembatan untuk mendukung perekonomian, Infrastruktur yang lain, normalisasi sungai, irigasi. Bidang Ekonomi, peningkatan perekonomian masyarakat.

Lanjut Heri, Data kependudukan, pelayanan bidang kependudukan agar dimaksimalkan. Bidang sosial , agar tehnis bantuan kesejahteraan masyarakat agar lebih tepat sasaran. Keagamaan dan budaya, Pemda Tanggamus telah berhasil menjaga kerukunan dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Tanggamus,"Pungkasnya.

Hj. Dewi Handajani SE, MM Bupati Tanggamus menyampaikan,  Proses Musrenbang  berjalan dengan baik melalui berbagai tahapan - tahapan mulai dari tingkat Pekon Kecamatan hingga saat ini tingkat kabupaten. Ada beberapa isu strategis yang berkembang dikabupaten Tanggamus yaitu, Percepatan pembangunan proyek strategis nasional pengembangan kawasan industri Tanggamus terhadap wilayah sekitarnya.

"Penyelarasan program pemerintah provinsi Lampung dengan kabupaten atau kota berkaitan dengan kawasan industri Tanggamus. Pengembangan koridor ekonomi masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Tanggamus, Persentase penduduk miskin.
Indeks pembangunan manusia ( IPM ),"ujar Bupati.

Lanjut Bunda Dewi Sapaan Akrabnya, Terima kasih kepada pemerintah provinsi Lampung yang telah menggelontorkan dana pembangunan sehingga kualitas pembangunan di Kabupaten Tanggamus dapat semakin meningkat dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat dapat lebih baik lagi.

"Harapan kami semoga pemerintah pusat lebih memperhatikan dengan kondisi jalan yang ada di sepanjang jalan lintas barat berkaitan dengan kondisi jalan lintas yang melalui daerah Pekon Batu Keramat karena kondisi jalan tersebut sangat rawan  terjadi longsor untuk itu kami harapkan perhatian dari pemerintah Provinsi Lampung agar dapat membuat jalan lingkar lintas barat agar tidak lagi melalui jalan lintas yang melalui Pekon Batu Keramat sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan,"Jelas Bupati.

Sementara Dalam kegiatan ini Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi berkesempatan memberikan penghargaan Tanggamus Award kepada Perusahaan, OPD dan Pekon yang berprestasi di bidangnya masing-masing.

Arinal Djunaidi Gubernur Provinsi Lampung  menyampaikan, Apa yang menjadi catatan yang disampaikan oleh Bupati dan ketua DPRD semuanya telah saya simpan dan akan kita tindak lanjuti kedepannya.

"Menurut saya Tanggamus adalah kabupaten yang memiliki potensi dan memang harus diperhatikan berkaitan dengan Tanggamus ini adalah daerah yang dilalui jalur lintas barat Sumatera, kabupaten adalah cerminan atau pandangan pemerintah pusat karena semuanya berawal dari tingkat kabupaten jika baik kabupaten tersebut maka baiklah juga provinsinya,"ujar Arinal.

Lanjut Gubernur, Saya mengucapkan selamat kepada Kabupaten Tanggamus yang telah berhasil melaksanakan Musrenbang guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus dengan mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat.

Saya harap,Lanjut Gubernur, kegiatan ini lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dan jangan mengutamakan kepentingan pemimpinnya karena kita semua bekerja untuk masyarakat dan melayani kepentingan masyarakat.

"Berkaitan dengan isu masalah kesehatan yaitu tentang penyebaran virus Corona saya harapkan Kabupaten Tanggamus ini bebas dari permasalahan tersebut hal ini perlu tindak lanjut dari seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Tanggamus dengan cara mensosialisasikan dan melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran virus tersebut agar Kabupaten Tanggamus terbebas dari virus Corona yang sedang mewabah saat ini.

Untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus mengalami peningkatan, dan diharapkan peningkatan ini dapat menekan laju inflasi Provinsi Lampung.Saya ingin mengajak untuk Kabupaten Tanggamus agar mampu, tidak hanya untuk kepentingan kabupatennya meningkatkan kebutuhan Jakarta sebagai pusat ekonomi kita akan berikan agar stabilitas dapat kita pertahankan di tingkat nasional,"ungkap Arinal.

"Tingkat angka kemiskinan di Kabupaten Tanggamus mengalami penurunan dari tahun 2019 hal ini menandakan bahwa pemerintah Kabupaten Tanggamus setelah berhasil meningkatkan ekonomi kerakyatan sehingga angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Tanggamus menurun.

Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan pemerintah Kabupaten Kota memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan lima pokok arahan presiden, Pembangunan SDM, Pembangunan infrastruktur, Penyederhanaan regulasi, Penyederhanaan birokrasi, dan Transformasi ekonomi.

Masih Kata Gubernur,  Visi Pemerintah Provinsi Lampung, Rakyat Lampung BERJAYA , Aman, Berbudaya, Maju dan Berdaya Saing Sejahtera.
Misi Pemerintah Provinsi Lampung menciptakan kehidupan yang religius berbudaya aman dan damai, Mewujudkan good government untuk meningkatkan kualitas dan pemerintahan pemerataan pelayanan publik, Meningkatkan kualitas SDM dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas, Mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas Wilayah, Membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan karena mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama. (Advetorial)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment