SeIndonesia, Hanya Klinik Lapas Kelas IIB Gunsu Memiliki Pelayanan BPJS Untuk WBP

By Lintas Merah 03 Nov 2022, 13:44:44 WIB Lampung Tengah
SeIndonesia, Hanya Klinik Lapas Kelas IIB Gunsu Memiliki Pelayanan BPJS Untuk WBP

Lampung Tengah, LM (SMSI)- Dalam rangka Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah berhasil mengganeng BPJS Kesehatan.

Mengingat, salah satu tugas pokok Lapas/Rumah Tahanan Negara (Rutan) dalam penyelenggaraan kegiatan dibidang kesehatan dan perawatan adalah memberikan pelayanan kesehatan dan perawatan terhadap WBP dan Tahanan. 

Oleh karena itu, WBP berhak mendapatkan pelayanan kesehatan perawatan, baik rohani maupun jasmani dan makanan yang layak. Hal itu, disampaikan Kalapas Denial Arif, A. Md. IP. SH. MH, kepada jajaran pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lamteng saat menyambangi Lapas Kelas IIB Gunung Sugih, kabupaten setempat, Kamis (3/11/22). 

"Sebagai WBP mereka mempunyai hak yang sama dengan anggota masyarakat lainnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal baik fisik, mental, maupun sosial. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal 14 yaitu setiap tahanan dan WBP berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak," jelas Denial Arif.

Dalam kesempatan itu juga, Denial  menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi terkait BPJS, JKN KIS pada Lapas/ Rutan/LPKA yaitu masih banyak WBP yang belum memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) belum terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain itu, Lapas Kelas IIB Gunung Sugih, Lampung Tengah juga berkomitmen untuk  memenuhi makanan berstandar gizi yang maksimal untuk Warga Binaan.

Tak jarang, kontrol dan monitoring terhadap pelayanan kebutuhan makanan WBP pun menjadi aktivitas rutin di Lapas Kelas IIB Gunungsugih.

Denial Arif menuturkan, pihaknya selalu memastikan pelayanan makanan untuk WBP sesuai standar gizi maksimal. "Kami selalu memantau serta turun langsung melakukan pengawasan ke dapur bersih Lapas Gunungsugih," tutur Danial, dihadapan pengurus SMSI Lamteng. 

Danial menjelaskan, kontrol dan pengawasan ini turut menunjang pelaksanaan tugas pokok di Lapas dalam bidang pembinaan, pelayanan dan keamanan. "Ini merupakan tugas penting dalam hal pelayanan dan keamanan. Bahkan, semua pegawai yang ada didapur ini sudah memiliki sertifikat pembinaan, " imbuhnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Lampung Tengah,  Sudirman Hasanudin, S. AP mengucapkan terimakasih atas kehadiranya bersama pengurus dan anggotanya yang disambut dengan baik. "Ia juga memberikan apresiasi kepada Kalapas Kelas II B Gunungsugih atas kinerja nyata telah dilaksakan sehingga bukan saja fasilitas kesehatan namun dari semua pelayanan dan pembinaan warga binaan telah tersedia serta pesatnya kemajuan Lapas Gunung Sugih dsri zaman ke zaman," ujar  Sudirman.

Diakhir kegiatan itu, Kalapas Kelas II B Gunungsugih juga memberikan penghargaan kepada jajaran SMSI Lampung Tengah, Sudirman Hasanudin sebagai tanda hubungan baik kedua lembaga tersebut. (red) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment