Ketua Harian SMSI Lampung Beri Materi Jurnalistik Pada Mahasiswa IAIN Metro

By Lintas Merah 18 Mar 2023, 23:14:23 WIB Metro
Ketua Harian SMSI Lampung Beri Materi Jurnalistik Pada Mahasiswa IAIN Metro

Metro, LM (SMSI)- Ketua Harian SMSI Provinsi Lampung Fajar Arifin, S.H dorong geliat jurnalistik kepada mahasiswa IAIN Kota Metro. 

Ya, untuk diketahui, IAIN Kota Metro gelar workshop jurnalistik bagi ratusan mahasiswanya di kampus itu, Sabtu (18/3/23). 

Dihadapan peserta workshop, fajar mengatakan bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi berdampak dengan pola laku masyarakat, khususnya dalam penggunaan media sosial. 

"Sadar atau tidak, kita sudah masuk ke arah citizen journalism. Siapapun, kapanpun bisa mewartakan peristiwa yang dilihat atau dialaminya ke berbagai platform medsos. Jadi, saat ini, membuat narasi berita tidak dimonopoli oleh wartawan saja, " ujar advokat berjuluk pengacara siaga itu. 

Untuk itu, kata dia, bagi para mahasiswa yang melek teknologi mestinya juga belajar teknik-teknik dasar penulisan berita sesuai dengan standar jurnalis. 

"Ini dilakukan supaya tidak terjebak dengan masalah-masalah hukum yang kerap kali dialami oleh penggiat medsos. karena tidak semua tulisan terlindungi oleh Undang-undang pers. Hanya karya jurnalistiklah yang dilindungi oleh undang-undang pers," ucap CEO Senator Grup itu. 

Sebelumnya, Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA membuka kegiatan Workshop Jurnalistik Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro di Ruang Rapat Saifudin Zuhri, gedung Rektorat IAIN Metro yang ada di Jl. Ki Hajar Dewantara No.15A, Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung. 

Siti Nurjanah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pembelajaran tambahan untuk mahasiswa IAIN Metro.

"Harapannya dengan ilmu yg diberikan, dapat menjadi ilmu yg bisa digali dan dikembangkan oleh mahasiswa agar para mahasiswa ini menjadi pemberita yang handal, " ujarnya. 

Ia juga berharap agar para mahasiswa bisa kuasai content creative, kuasai kode etik jurnalistik. 

"Dan hari ini anda (peserta workshop) terpilih menjadi relawan dan branding IAIN," ucapnya.(**)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment