Ketua DPRD Kota Palangka Raya Pimpin Apel Kebangsaan dan Gelar Budaya

By Lintas Merah 18 Jan 2019, 20:05:07 WIB Kalimantan Tengah
Ketua DPRD Kota Palangka Raya Pimpin Apel Kebangsaan dan Gelar Budaya

Palangka Raya, lintasmerah.com- Bertempat di Monumen Tugu Sukarno dijalan S Parman Kota Palangkaraya didakan apel Kebangsaan dan Gelar Budaya, dengan tema, “Kesatuan Kebangsaan Dalam Bingkai NKRI di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila,Bumi Bhineka Tunggal Ika, Dalam Falsafah Huma Betang”, Kamis (17/01/19).

Kegiatan yang yang dipimpin Ketua DPRD Kota Palangkaraya Sigit K Yunianto sebagai Inspektur Upacara, berlangsung hikmat itu di hadiri oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Perwakilan organisasi dan berbagai unsur budaya yang ada di kota Palangkaraya.

Dalam sambutannya Ketua DPRD kota palangkaraya mengatakan, kita dalam hidup berbangsa dan bernegara sebagai bangsa Indonesia mempunyai empat pilar yaitu, Pancasila, UUD 194, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Empat pilar tersebut yang menopang kehidupan Bangsa Indonesia untuk membangun menuju Indonesia yang makmur aman dan sejahtera. Saat ini di Negara kita Indonesia masalah Kebangsaan tidak menjadi hal yang populer baik di kalangan kaum muda milenia dan juga di kalangan masyarakat lainnya.

Wawasan Kebangsaan ini juga kita rasakan di Bumi Tambun Bungai, masalah Kebangsaan sudah terkikis, untuk itu, melalui apel Kebangsaan ini,  mari kita pupuk kembali rasa Kebangsaan kita. Janganlah karena berbeda suku, agama, ras dan golongan menimbulkan perpecahan di antara kita. Dalam kesempatan ini, mari kita ingat kembali apa yang pernah di katakan RT Amilono Gubernur pembentuk Provinsi Kalimantan Tengah di Bukit Ngalakang Pahandut pada tanggal 18 Mei 1957 lalu, beliau mengatakan "Provinsi Kalimantan Tengah di lahirkan bukan untuk satu daerah, bukan untuk satu suku, bukan untuk satu agama, tapi untuk seluruh Bangsa Indonesia.

Saat ini di Negara kita telah berkembang sifat yang individualistis solidaritas kelompok yang sempit dengan berlatar belakang suku, agama, ras dan adat istiadat maupun kelompok lainnya. Konsep Kebangsaan kita adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan. Mantan Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang, sudah mencanangkan bahwasanya Kalteng adalah Bumi Pancasila.

Jadi apabila ada yang ingin menggantikan Pancasila maka masyarakat Kalimantan Tengah menjadi garda utama yang akan membela. Di akhir acara di adakan pagelaran budaya seperti tarian adat Dayak, kesenian Reok Ponorogo dan tarian dari Maluku, pungkasnya. (asrori)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment