Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan Menjadi Tuan Rumah MTQ Ke-15 Tingkat Kabupaten Way Kanan

By Lintas Merah 11 Okt 2018, 09:33:13 WIB Way Kanan
Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan Menjadi Tuan Rumah MTQ Ke-15 Tingkat Kabupaten Way Kanan

Way Kanan- lintasmerah.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Hakim persiapan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-15 Tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2018, di Aula PKK Pemkab setempat, Rabu (3/10/2018).

Dalam arahannya, Saipul menegaskan bahwa MTQ Ke-15 tingkat Kabupaten Way Kanan akan digelar di Kampung Bengkulu, Kecamatan Gunung Labuhan.


Segala persiapan yang diperlukan harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar MTQ dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan kepada panitia agar dapat saling berkoordinasi terkait persiapan dan kendala yang terjadi.

“Pada rapat Dewan Hakim ini akan dibahas evaluasi terkait teknis pembukaan, pelaksanaan sampai dengan penutupan. Kepada Dewan Hakim diharapkan mampu menjalankan tugasnya secara profesional tanpa memandang asal usul peserta yang dapat mempengaruhi penilaian, karena pemenang dari MTQ ini akan menjadi bibit Kabupaten Way Kanan melanjutkan pada tingkat selanjutnya. Serta akan diadakan rapat pemantapan sekaligus survey lokasi di Kampung Bengkulu bersama Dewan Hakim, panitia, SKPD terkait, camat dan kepala kampung,”, jelasnya, Rabu (3/10/2018).

Kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Dewan Hakim, Saipul, mengatakan untuk dapat memperhatikan terkait lokasi pelaksanaan MTQ, lokasi pemondokan kafilah dan Dewan Hakim, konsumsi dan transportasi.

“Terkait dengan konsumsi kafilah harus diperhatikan dan bila perlu ada panitia yang ditugaskan untuk memantau ketepatan jam makan, menu dan kebersihan makanan sebelum disajikan kepada kafilah dan dewan hakim,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kementerian Agama Kabupaten, M. Isa, mengatakan Dewan Hakim yang akan bertugas pada lomba MTQ Ke-15 tingkat Kabupaten Way Kanan telah dibuatkan SK oleh Bupati Kabupaten Way Kanan dan pendaftaran peserta MTQ dimulai dari tanggal 1 Oktober sampai dengan tanggal 5 Oktober 2018.

“Sesuai dengan instruksi pak Sekda, bahwa akan dijadwalkan kembali terkait dengan rapat pemantapan dan survey lokasi pelaksanaan dan pemondokan kafilah MTQ dan dewan hakim, bersama panitia agar dapat pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, paparnya.

Sementara itu, untuk pembukaan MTQ Ke-15 tingkat Kabupaten Way Kanan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2018 pukul 19.30 wib di Kampung Bengkulu, Kecamatan Gunung Labuhan, dengan memperlombakan 7 cabang.

Golongan perlombaan yaitu Cabang Tilawah Al-Qur’an dengan Golongan Tartil, Golongan Anak-anak dan Golongan Remaja, Golongan Dewasa, Golongan Cacat Netra, Golongan Qira’at Mujawwad Remaja, Golongan Qira’at Mujawwad Dewasa, Golongan Qira’at Murratal Remaja dan Golongan Qira’at Murratal Dewasa.

Pada Cabang Hifdzil Qur’an perlombaan dengan Golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz dan Golongan 30 Juz.

Sementara untuk Cabang Tafsir Al-Qur’an dengan Golongan Tafsir Bahasa Arab dan Golongan Tafsir Bahasa Indonesia. Kemudian akan diperlombakan juga Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syahril Qur’an, dan pada Cabang Khath Al-Qur’an dengan Golongan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi dan Golongan Kontemporer dan terakhir yaitu perlombaan dengan Cabang Lomba Makalah Ilmiah Al-Qur’an.

Serta dengan pelaksanaan Tilawah Qur’an di Mimbar Utama, Qiraat Sab’ah di Mimbar II, Tahfidz, Tartil dan Tafsir di Mimbar III, Fahmi Qur’an di Mimbar IV, Syahril Qur’an di Mimbar V, Khottil Qur’an di Mimbar VI dan Maqolah Al-Qur’an di Mimbar VII, ungkapnya.

Hadir, Kepala Kantor Kemenag, M. Isa, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Juanda, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Abu Kori, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sudarno, dan Dewan Hakim.  (rustam/red)

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment