Bupati Lamteng Dukung Kampung Bandar Agung, Sebagai Kampung Bersinar

By Lintas Merah 19 Mei 2022, 20:28:01 WIB Lampung Tengah
Bupati Lamteng Dukung Kampung Bandar Agung, Sebagai Kampung Bersinar

Lampung Tengah, LM (SMSI)- Bupati Lampung Tengah, apresiasi dan mendukung Kampung Bandar Agung sebagai Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) yang ditunjuk oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung.

Orang nomor satu di Lampung Tengah itu mengatakan, Kampung Bandar Agung akan menjadi Rule Mode pencegahan narkotika, dan akan terus dikembangkan di seluruh kampung/kelurahan di kabupaten tersebut.

Bupati yakin, dengan pola pencegahan melalui kampung bebas narkoba, maka pemberantasan barang haram tersebut dapat diantisipasi dengan melibatkan berbagai pihak. “Semoga dengan Launching Kampung Bebas Narkoba di Bandar Agung ini, menjadi awal dari pemberantasan narkoba di Lampung Tengah,” jelas Musa Ahmad.

Ia menambahkan, narkoba selama ini dianggap sebagai menjadi pemicu terjadinya aksi kriminalitas dan juga keresahan di tengah masyarakat, khususnya di Lampung Tengah. “Harus diakui jika narkoba menjadi akar dari terjadinya bentrok antar kampung, pembegalan dan kriminalitas lainnya. Semoga semua itu dapat diantisipasi dengan program Kampung Bersih Narkoba,” harapnya.

Kepala BNN Provinsi Lampung, Brigjen Pol Edi Swasono mengatakan, data pihaknya sebanyak 0,11 persen warga Lamteng terpapar narkoba. “Jumlah itu (0,11 persen) dari total jumlah penduduk Lamteng, berjumlah 11.500 orang terpapar (memakai) narkoba,” terang Edi Swasono.

Ditambahkan Edi, dari jumlah tersebut, konsumsi narkoba di Lamteng mencapai 11,5 kilogram narkoba dengan pengeluaran Rp 11,5 miliar di periode waktu yang sama. Dengan pola prefelensi Kampung Bersih Narkoba, Jendral bintang satu itu yakin, dalam waktu 3 hingga 4 tahun kedepan Lamteng dapat 0 prefelensi penggunaan narkoba.

Sementara Kepala BNK Lamteng, Ardito Wijaya mengatakan, program Kampung Bersih Narkoba, pengguna narkoba dapat dilakukan rehabilitasi. “Puskemas Bandar Agung kami jadikan fasilitas untuk rehabilitasi narkoba, sehingga pengguna narkoba yang merupakan korban dapat direhabilitasi di sini,” jelas Ardito Wijaya.

Melalui Kampung Bersih Narkoba, pemberantasan narkoba akan melibatkan banyak pihak, termasuk camat, kepala kampung dan pemuda.(**)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment