Ada Bangunan Sumurbor, Warga Desa Way Layap Merasa Terbantu

By Lintas Merah 22 Apr 2021, 22:09:10 WIB Pesawaran
Ada Bangunan Sumurbor, Warga Desa Way Layap Merasa Terbantu

Pesawaran, LM (SMSI)- Warga masyarakat Desa Way Layap , Kecamatan Gedongtataan bersyukur adanya bangunan sumurbor yang ada di Dusun Cempaka. Karena sebelumnya warga dusun 03 itu  kesulitan untuk mendapatkan pasokan air untuk mandi apa lagi buat di konsumsi.

 

Menurut Endang selaku warga Dusun 03 mengatakan,  dengan adanya bangunan sumur bor itu, warga sangat merasa gembira dan sangat senang bukan main. Pasalnya mereka bertahun-tahun kesulitan mencari air untuk dikonsumsi maupun untuk digunakan buat mandi. "Ya bang, selama belum ada sumurbor ini kita merasa kesulitan untuk mendapatkan air yang bersih, baik untuk mandi, maupun berwudhu, apa lagi jika buat untuk di minum. Jadi selama ini kita numpang pada warga yang airnya bisa buat untuk diminum" ucap Endang saat ditemui dikedemannya kamis (22/4/2021).

 

Bahkan, Endang menambahkan, manfaat adanya sumurbor ini sangat dirasakan oleh warga setempat. Karena bertahun-tahun warga menumpang pada warga yang airnya bisa untuk diminum dan juga buat berwudhu. "Tadinya warga kita didusun 03 Cempaka ini mandi di air sungai tapi setelah ada sumur bor mereka tidak lagi mandi di sungai, dan lagi dulunya warga kesulitan untuk mengmbil air untuk berwudhu sekarang juga sudah tidak lagi kesulitan, sebab air dari sumurbor tersebut sudah mengaliri sampai ke Musholla" jelasnya.

 

Hal senada dikemukakan Zainuddin yang juga merupakan Wakil Ketua BPD Desa Way Layap, ia mengatakan adanya bangunan sumur bor itu berdasarkan hasil musyawarah warga untuk mengadakan pembuatan sumur bor.

"Semua bangunan sumur bor yang ada di Desa Way Layap ini  berdasarkan musyawarah dan ke inginan warga dari dusun masing-masing. Sebab bangunan sumur bor itu menggunakan anggaran dari dana desa" jelas Zainudsin.

 

Tak hanya itu saja, Zanuddin juga menjelaskan, Dusun yang ada bangunan sumur bor dan juga Dusun yang mendapatkan bantuan Pamsimas jaraknya sangat berjauh-jauhan. Dan juga warga dusun setempat memang sangat membutuhkan air. "Di tahun 2017 bangunan sumur bor letaknya diDusun 03 Cempaka dan Dusun Binong, sementara tahun 2018 juga mendapatkan bantuan Pamsimas diDusun Malang Nengah, tahun 2019 juga mendapatkan Pamsimas letaknya diDusun Sebrang, sedangkan ditahun ini kembali mendapatkan Pamsimas diDusun 5 Suka Maju yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan" tutupnya. (Don)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment